SOSIALISAI E-LIBRARY POLITEKNIK APP DAN SEMINAR STRATEGI MENULIS BUKU HINGGA TERBIT

Selasa, 20 Agu 2019, 16:21:25 WIB - 209 View
Share
SOSIALISAI E-LIBRARY POLITEKNIK  APP DAN SEMINAR STRATEGI MENULIS BUKU HINGGA TERBIT

SOSIALISAI E-LIBRARY POLITEKNIK  APP DAN SEMINAR STRATEGI MENULIS BUKU HINGGA TERBIT

 

Jakarta – Kemudahan untuk mengakses informasi menjadi priotitas utama yang terus dilakukan oleh Perpustakaan Politeknik APP. Sebagai Perpustakaan Perguruan Tinggi dibilangan Jagakarsa, kebijakannya dalam usaha memprioritaskan ketersediaan koleksi berbasis digital sangat diperlukan. Makanya, penyediaan e-journal dan e-book di lingkungan kampus menjadi suatu keharusan. Adapan salah satu pelayanan yang diberikan kepada pemustaka adalah dengan berlangganan e-journal Emerald. Perpustakaan Politeknik APP bekerjasama dengan kubuku.id (PT. Enam kubuku Indonesia) mengembangkan aplikasi perpustakaan digital, baik dalam bentuk aplikasi PC maupun berbasis Android. Tujuan utama adalah menyediakan sumber informasi elektronik yang sangat relevan untuk mahasiswa, dosen dan para alumni.

Makanya, pada tangga 15 Agustus 2019 Unit perpustakaan menyelenggarakan Sosialisasi E-Library Politeknik APP.  Bertempat di Auditorium Lt.4 Gedung Student Centre Politeknik APP Jakarta, dalam kegiatan tersebut juga diselenggarakan Seminar menulis buku hingga terbit. Acara tersebut dihadiri oleh direktur beserta jajarannya, sementara peserta banyak dari kalangan mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan.

Dalam sambutannya Bapak Ahmad Wimbo selaku direktur Politeknik APP memberikan arahan kepada sivitas akademika bahwa.”kami berharap mahasiswa bisa memanfaatkan e-library Politeknik APP ini dengan cara mengunduh dan mendaftar. Khusus alumni bisa mendonasikan e-book atau donasi poin ke perpustakaan, hal ini wajib sebagai prasyarat yudisium dan wisuda. Selain itu menjadi anggota beberapa tahun bisa dimanfaatkan untuk membaca buku dimanapun dan kapanpun.”

Sosialisasi e-library dan e-journal emerald disampaikan dalam sesi pertama. Banyak sekali  mahasiswa dan dosen mengunduh dan mendaftar aplikasi tersebut karena langsung diverifikasi ditempat. E-jurnal Emerald dengan website barunya dan tampilan baru yang lebih lengkap serta user friendly sehingga mudah untuk di akses. Bapak Bilal Ahmadi selaku Kepala Perpustakaan menjelaskan ,”sivitas akademika baik dosen dan mahasiswa bisa mengakses tanpa login di lingkungan kampus Politeknik APP dan ketika berada di luar kampus bisa menggunakan Passcode Emerald.”

Dalam sesi kedua yaitu seminar strategi menulis buku hingga terbit disampaikan oleh Edi Dimyati seorang pegiat literasi dan penulis buku yang produktif. Beliau adalah pendiri Taman Bacaan Masyarakat Kampung Buku dan mantan tim redaksi Majalah Hai, Kelompok Kompas Gramedia. Dalam sesi beliau, Kang edi berujar,” Menulis itu mudah kapanpun dan dimanapun bisa dilakukan. Tidak perlu orang bertitel atau doktor yang penting ada kemauan dan disiplin.”

Sebagai langkah awal, kegiatan seperti ini rencananya akan rutin dilakukan setiap tahun, tentu dengan tujuan untuk memasyarakatkan penting perpustakaan di kalangan sivitas akademika Politeknik APP.

 

Tautan E-Library Politeknik APP

Bagi bapak/ibu yang berminat mencoba, kami persilakan untuk melakukan instalasi dan registrasi melalui tautan unduhan E-library Politeknik APP berikut ini:

Link Aplikasi Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.kubuku.kbk27835c8

Link Landing Page : https://kubuku.id/download/e-library-politeknik-app

Terdapat proses verifikasi oleh admin perpustakaan setelah registrasi dilakukan dalam kurun waktu 24 jam.

2019 Politeknik APP Jakarta